Budidaya Tanaman Hidroponik di Rumah


Budidaya Tanaman Hidroponik di Rumah ~ Seperti yang kita ketahui bersama, menanam tanaman hidroponik tidaklah murah. Jika ada orang yang hobi menanam tanaman hidroponik, tentu mereka akan mengeluarkan dana berapa pun besarnya.

Kunjungi Juga: https://arenaprinter.wordpress.com

Namun, jika Anda ingin menanam tanaman hidroponik hanya untuk memenuhi kebutuhan sayur sehat sehari-hari, tentu Anda akan berpikir dua kali untuk mengeluarkan banyak uang.

Mengenal Hidroponik

Bagi Anda yang ingin menanam hidroponik, tentu Anda perlu mengenal terlebih dahulu apa itu tanaman hidroponik. Selain itu, kenali berbagai kelebihan dari bercocok tanam dengan cara hidroponik.

Secara sederhana, ditinjau dari asal katanya, budi daya hidroponik berarti suatu metode budi daya tanaman tanpa menggunakan media tanah. Budi daya hidroponik memanfaatkan air/larutan mineral bernutrisi yang diperlukan oleh tanaman dan bahan lainnya sebagai pengganti media tanah.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Printer Canon PIXMA MX497

Bahan-bahan pengganti media tanah diantaranya yang mengandung unsur hara, seperti sabut kelapa, serat mineral, pasir, pecahan genteng/batu bata, serbuk kayu, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa kelebihan dari hasil tanaman hidroponik yang dapat membuat Anda berpikir lebih lanjut untuk menanam tanaman hidroponik.

#1 Lebih Hemat

Bertanam hidroponik terbukti hemat dibandingkan dengan menanam konvensional di atas tanah.

Hal ini dikarenakan tidak perlu menyiramkan air setiap hari. Larutan nutrisi atau media larutan mineral yang dipergunakan sudah tertampung di dalam wadah yang dipakai, sehingga kita tinggal melakukan pengontrolan saja.

#2 Memaksimalkan Lahan Terbatas

Bertanam hidroponik dapat memaksimalkan lahan terbatas karena tidak membutuhkan lahan yang banyak. Bahkan, media tanaman bisa dibuat secara bertingkat.

#3 Ramah Lingkungan

Bertanam hidroponik terbukti ramah lingkungan karena tidak menggunakan pestisida atau obat hama yang dapat merusak tanah.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Printer Canon PIXMA iP2770

Hidroponik hanya menggunakan air hanya 1/20 dari tanaman biasa, dan mengurangi CO2 karena tidak perlu menggunakan kendaraan atau mesin.

#4 Tidak Merusak Tanah

Tanaman hidroponik tidak merusak tanah karena tidak menggunakan media tanah dan juga tidak membutuhkan tempat yang luas.

#5 Hasil Bisa Dimakan Keseluruhan

Hasil tanaman hidroponik bisa dimakan secara keseluruhan termasuk akar karena terbebas dari kotoran dan hama.

#6 Memeriksa Akar Tanaman

Bisa memeriksa akar tanaman dengan jelas secara periodik untuk mengontrol pertumbuhannya

#7 Pertumbuhan Lebih Cepat

Pertumbuhan tanaman lebih cepat dan kualitas hasil tanaman dapat terkontrol

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Printer Dot Matrix

#8 Tidak Bergantung Pada Musim

Untuk menanam hidroponik tidak perlu bergantung pada musim. Hal ini dikarenakan tanaman hidroponik dapat ditanam kapan saja sesuai dengan perencanaan kita.

#9 Menghemat Pemakaian Pupuk

Menanam hidroponik bisa mengurangi/menghemat pemakaian pupuk. Dengan adanya media berupa mineral, maka tidak perlu lagi pupuk yang berlebihan.

#10 Tidak Memerlukan Banyak Tenaga

Bertanam hidroponik tidak perlu banyak tenaga untuk mengerjakannya.

Artikel Pilihan:

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Hidup Sehat Mulai Dari Dini - All Rights Reserved - Distributed By Artworkdesign - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger