Budidaya Tanaman Buah Hidroponik


Budidaya Tanaman Buah Hidroponik ~ Hidroponik adalah metode budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan air mineral dan nutrisi, sehingga tanaman dapat tumbuh dan memproduksi buah-buahan atau sayur-sayuran dalam hasil yang lebih maksimal.

Kunjungi Juga: https://mengupasteknologi.blogspot.com

Dengan menggunakan metode hidroponik, di mana pun tumbuhnya sebuah tanaman akan tetap berkembang dengan baik apabila air nutrisi (unsur hara) yang dibutuhkan tanaman selalu tercukupi. Berikut kami rangkum buah-buahan yang dapat di budidayakan secara hidroponik:

Tomat Hidroponik

Tomat adalah sumber yang kaya akan vitamin A, C, dan asam folat. Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan yang membantu melindungi terhadap risiko penyakit jantung, diabetes dan kanker.

Tanaman hidroponik tomat lebih ideal jika ditanam di luar ruangan, hal ini diperlukan untuk mendukung sifat pertumbuhannya yang merambat, untuk itu diperlukan penyangga berupa kayu atau besi.

Timun (Mentimun)

Mentimun kaya akan mikro-elemen zat besi, natrium, kalium, magnesium, kalsium dan zink. Mentimun juga mengandung vitamin B, C, dan asam folat. Unsur-unsur ini membuat timun efektif untuk membersihkan tubuh dari kolesterol, memperlambat proses penuaan dini dan mengatur metabolisme tubuh.

Budidaya mentimun secara hidroponik ternyata sederhana dan tidak membutuhkan pengetahuan pertanian yang tinggi. Yang diperlukan hanya ketelitian dalam merawat agar mentimun dapat tumbuh sehat.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Laptop Lenovo G40-70

Paprika

Paprika bukan hanya dijadikan sebagai penambah rasa pada masakan atau sebagai pelengkap makanan tetapi paprikan yang memiliki senyawa Lycopene, vitamin A dan C, sangat baik mencegah kanker, meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata.

Pada dasarnya teknik budidaya paprika hidroponik hampir sama dengan jenis tanaman hidroponik lainnya, hanya saja perlakuan beberapa jenis tanaman akan sedikit berbeda karena karakteristik dari tanaman itu sendiri.

Strawberry

Strawberry dapat dibudidayakan dan tumbuh dengan baik menggunakan sistem hidroponik. Stroberi yang tinggi antioksidan dan vitamin c yang baik untuk imunitas tubuh. Tanaman subtropis ini juga membantu dalam menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Blueberry

Blueberry membutuhkan kondisi tanah asam tinggi dan karena itu tumbuh lebih baik dalam kondisi hidroponik. Mengontrol kadar ph dan kecukupan air nutrisi yang rutin akan membuat blueberry tumbuh besar dan sehat. Blueberry juga terkenal karena kandungan antioksidan yang tinggi sangat bagus untuk otak dan sistem saraf.

Artikel Pilihan:

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Related Posts
Disqus Comments
© Copyright 2017 Hidup Sehat Mulai Dari Dini - All Rights Reserved - Distributed By Artworkdesign - Created By BLAGIOKE Diberdayakan oleh Blogger